Halaman

Senin, 23 Mei 2016

Little Simple Thing

Assalam



Coba saja lihat gambar ini.

Gak sengaja nemu di timeline twitter, nyengir lihatnya. Mengingatkan aku sendiri pada satu rasa yang sering dilupakan, yaitu syukur. 











Mempelajari apa itu syukur 

Syukur, menurutku ia adalah sebentuk kekuatan atau kemampuan dari kita untuk menerima secara sadar apa yang terjadi dan ndimiliki. Membiasakannya merupakan suatu perjuangan, karena kita manusia biasa punya sifat asli tidak puas dengan segala sesuatu. 

Tertulis dalam firman Allah

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7)

Membiasakan bersyukur bisa menjadi obat bagi hati kita, seperti dalam firman di atas, ternyata kalau kita bersyukur nikmat kita malah di tambah sama Allah. 

Ada beberapa hal yang bikin kita sulit bersyukur

  1. Iri  - misal kalau kita lihat temen kita/ tetangga atau siapalah yang mendapat nikmat.
  2. Membandingkan diri sama yang lain : misal ketika teman kita habis beli gadget baru.
  3. Kebiasaan kita yang suka mengeluh : kalau mau ngeluh, coba lihat gambar diatas. :)
  4. Fokus pada urusan orang lain. Kenapa bisa begitu? karena ketika kita fokus pada urusan orang lain, fokus kita jadi teralihkan dari yang seharusnya membahagiakan diri sendiri malah sibuk dengan yang lain deh.
Jadi, gimana? ayo kita biasakan bersyukur, caranya :

  1. Bilang Alhamdulillah, kata ustad yang ngajar isti ngaji, "setiap kali selesai sholat, pas baca wirid Alhamdulillah, satu persatu dibiasakan di detail dengan nikmat apa saja yang kita syukuri". Misal, Alhamdulillah hari ini masih bisa bangun sholat subuh, alhamdulillah hari ini masih diberi menu sarapan tempe goreng yang enak, Alhamdulillah hari ini masih bisa dipakai motornya untuk berangkat kerja. Dan sebagainya dan seterusnya
  2. Berbagi, dengan kita memberi pada orang lain, insyaAllah jiwa kita akan dipenuhi dengan rasa bahagia, kenapa? karena dengan memberi kita akan merasa lebih mampu dari orang lain. Tapi ati - ati sombong ya! Ingat, niatin semua karena Allah semata.
  3. Ingat bahwa semua makhluk tidak diciptakan secara sempurna, selalu ada kekuranga dan kelebihan pada setiap masing - masing. 
  4. Menyadari bahwa semua yang terjadi pasti ada sebabnya, belajar dan belajar terus.
MasyaAllah ya, semoga kita bisa menjadi seseorang yang ahli syukur. Karena dengan demikian ia menjadi obat bagi hati kita sendiri dan penenang jiwa, dengan syukur pula ia menjadikan kita semakin  dekat dengan Allah.

PS : Sebenernya ini tulisan aku buat untuk aku sendiri yang masih belajar tentang syukur. Tulisan inI juga terinspirasi dari tulisan mbak Gda yang berjudul syukur *pantesan alurnya hampir sma* eaa. Lihat tulisan mbak Gda di sini

Semoga tulisan isti bermanfaat ya buat temen - temen yang baca. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa komen ya ...

Wassalammu'alaikum 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar