Halaman

Jumat, 03 Juni 2016

Bijaksana Menyikapi Masalah

Assalamu'alaikum

"Saya percaya, bahwa Allah maha mengetahui porsi masing - masing permasalahan yang kita hadapi. Jadi, sikap saya ya jalanin saja" - Me

Teman - teman, apa kabar? kalian pernah punya masalah nggak? Pastinya nggak mungkin enggak ya, masalah itu ibarat seni nya dalam hidup, kalau hidupnya nggak ada masalah ya kaya apa dong jadinya? pasti flat banget, datar. Trus teman, gimana cara kalian ngadepin masalah dari mulai masalah kecil sampai besar? 

Kalau aku sih, ...

Well, pada saat ayahku sakit keras dan harus di rawat di ICU selama 30 hari karena koma, sikap ku .. "jalanin aja". Itu sekitar 1 tahun yang lalu, aku umur 22 tahun. Kejadiannya mendadak sekali, bapak memang sudah sakit stroke sejak aku masih SMP, tapi beliau memang kuat, beliau bertahan sampai 12 tahun sampai akhirnya meninggal dunia. 

Aku tinggal ber-5 dengan Bapak, Ibu, adek, dan 1 sepupu. Saat bapak di rawat di ICU, ibu yang jaga beliau sendirian, dan aku tinggal dirumah untuk melayani adek, sepupu dan juga keperluan ibu di rs. Kegiatanku banyak, aku kerja, kuliah, dan saat itu seketika jadi ibu rumah tangga. Lelah banget, dan sedih banget karena demikian berat keadaannya. Tapi apa menangis menyelesaikan masalah dan membuat keadaan menjadi lebih baik?  



Sampai akhirnya beliau diangkat segala penyakitnya setelah 40 hari perjuangannya, beliau di panggil oleh yang maha kuasa 27 Maret 2015. Aku nggak nangis, aku lihat wajahnya he is happy, i know it, cause he is feel better. Banyak orang yang dirumah sibuk masak untuk persiapan ke makam, merangkai bunga, mereka nanya apa aku nggak sedih kok nggak nangis? aku bilang enggak. Ibu juga nggak nangis, demikian adekku. No one give tears at that day. Kami percaya bahwa kematian bukanlah jalan perpisahan, masih ada kehidupan selanjutnya yang kan mempertemukan kami, bukan begitu? 

Ada banyak masalah selain diatas, tapi masa sih kita setiap hari akan ditimpa masalah? Bagiku masalah hanyalah cara Allah menaikkan derajat kita, menaikkan kelas kita, menjadikan kita lebih kuat dan lebih baik. Tidak ada yang terjadi tanpa sesuatu yang dapat kita petik. 

Seberat apa pun masalahan yang kita hadapi, Allah maha tahu. Dia tahu porsi kita itu seberapa besar, jadi hadapi saja. Tidak akan ada yang sia - sia. Kembalikan semua pada Allah, dialah yang maha besar, maha mengetahui, maha mendengar, maha segalanya. 

Semoga Allah menjaga kalian, memberikan kelapangan dada yang besar, menjadikan teman - teman semakin dekat denganNya.


Selamat hari Jum'at

Wassalammu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar